Monday, July 19, 2010

legenda, mitos & cerita hantu jepang 1

Abura-Akago (Anak Minyak)
Abura-Akago (Oil Child) : An infant ghost who licks the oil out of andon lamps.
Data Abura-Akago :
Area yang ditinggali : Disekitar lampu, khususnya lampu minyak.
Kekuatan khusus : Api, Ilusi.
Tingkat Bahaya : Tak mengganggu.
Kesukaan : Minyak dan Lampu.
Dibenci : Orang jahat, tamak dan rakus.

Hanya sedikit informasi yang ada tentang siluman aneh yang biasa disebut dengan nama Abura-Akago. Mahluk ini mencul dengan wujud anak kecil yang melayang mengitari lampu untuk mendapatkan minyaknya. Kemunculannya biasanya disertai dengan satu atau lebih bola api atau biasa dikenal dengan nama Hitodama. Mahluk ini menjilati minyak dari lampu dan membuat minyak lampu tersebut habis dengan cepat.
Beberapa cerita mengatakan bahwa Abura-Akago adalah manifestasi dari para pencuri minyak, setelah mereka mati dan menjadi hantu, kebiasaan mereka terus berlanjut. Berbagai pendapat bermunculan untuk menceritakan asal usul dari mahluk ini, dan apapun pendapatnya yang pasti Abura-Akago adalah mahluk misterius yang mempunyai perilaku aneh.
Jika kamu memiliki lampu minyak, hati-hatilah… sebab Abura-Akago adalah hantu minyak yang selalu lapar. Tetapi kamu tidak bisa menyalahkan mereka karena menghabiskan persediaan minyak lampu kamu yang biasa digunakan untuk menghangatkan badan dan merupakan komoditi berharga di musim dingin. Jika kamu memiliki persediaan minyak yang berlebih, berbagilah dengan hantu ini. Jangan cepat memutuskan untuk membasmi hantu ini.



Abura-Sumashi
Abura-Sumashi (The Wise One of the Oil) : A spirit who lives on a mountain pass in Kumamoto Prefecture.
Data Abura-Sumashi :
Area yang ditinggali : Hutan, Disekitar lampu minyak yang menyala.
Kekuatan khusus : Ilusi, Menghilang.
Tingkat Bahaya : Sering mengganggu.
Kesukaan : Minyak, Lampu Minyak, Kebijaksanaan.
Dibenci : Orang yang suka merusak, orang yang tidak menghargai alam, orang yang kejam, orang yang suka menindas.

Abura-Sumashi adalah makhluk dari cerita rakyat jepang dari daerah Amakusa di prefektur Kumamoto. Penampilannya yang aneh sudah cukup untuk memancing pertanyaan tentang asal usul hantu yang menarik ini. Diceritakan bahwa pada suatu masa, jika ada seorang biksu atau pendeta yang mencuri minyak, maka ia akan menjadi Abura-Sumashi. Minyak tersebut digunakan untuk menyalakan lampu untuk menghangatkan badan. Abura-Sumashi bersifat bijak, sangat tenang tetapi terkadang sedikit nakal dan bisa menyebabkan celaka, dan cerita tentang hantu ini masih terus berlanjut dijaman sekarang. Mahluk ini menggunakan baju dari rumput kering yang biasa digunakan untuk melindungi badan dari hujan bagi orang jepang zaman dulu, serta membawa tongkat seperti layaknya para biksu buddha, menggunakan sandal kayu atau sandal jerami. Mahluk ini mempunyai sesuatu yang unik dikepalanya, yang mencerminkan ketenangannya. Menonjol keluar dari Kepalanya yang bulat dan terbuat dari batu.
Walaupun ada sumber yang berbeda pendapat tentang mahluk ini, tetapi hampir di semua cerita Abura-Sumashi digambarkan sebagai sesosok mahluk yang tenang dan walaupun sedikit nakal tetapi mahluk ini tidak pernah membahayakan orang, mahluk ini sangat bijak dan pintar. Ketika seseorang bercerita tentang Abura-Sumashi biasanya orang tersebut mengatakan bahwa “dia berada disekitar kita sekarang!” jika para pendengarnya mulai gelisah dan melihat disekilingnya, maka Abura-Sumashi yang memang sedang berada disekitar mereka akan segera menghilang. Abura-Sumashi biasanya muncul pada musim dingin dan menyukai kehangatan yang dihasilkan oleh lampu minyak, mahluk ini akan menghilang jika lampu tersebut mati. Adalah kesempatan yang baik jika bisa berbincang dan berteman dengan mahluk ini.



Akaname (Hantu Penjilat Kamar Mandi)
Akaname (Bathroom Lickers) : The spirit who licks the bathroom.
Data Akaname :
Area yang ditinggali : Kamar mandi, Toilet, Closet.
Kekuatan khusus : Bergerak sangat cepat, bisa membersihkan segala sesuatu dengan lidahnya.
Tingkat Bahaya : Bermanfaat.
Kesukaan : Toilet Kotor.
Dibenci : Dikejutkan.

Jika kamu pernah mendengar suara bising yang aneh di dalam kamar mandi ketika tengah malam, mungkin itu bukanlah suara kecoa ataupun serangga rumahan lainnya. Mungkin saja, itu adalah suara yang ditimbulkan oleh Mahluk misterius Akaname yang tinggal di toilet atau kamar mandi. Dengan adanya keberadaan mereka, bukan berarti kamar mandi tersebut harus dibersihkan, justru bagi mereka, lebih kotor lebih baik, tidak ada yang lebih mereka sukai daripada menjilat kotoran dan noda yang ada di kamar mandi.
Namanya mungkin berasal dari tubuhnya yang agak kemerahan dan ukurannya yang kecil. Akaname akan muncul di kamar mandi ketika mereka yakin bahwa orang-orang di dalam rumah telah tertidur lelap, mereka akan langsung menjilati seluruh ruangan kamar mandi…! Tetapi, ketika seseorang datang, orang tersebut hanya akan melihat kelebatan Akaname yang ketika itu akan langsung bersembunyi atau hanya mendengar suara langkah kaki Akaname di dalam kamar mandi.
Mahluk ini benar-benar menguntungkan walalupun kadang mengejutkan orang karena penampilanhnya yang aneh. Ini hanyalah sedikit kesalah pahaman kecil, Bukankan menjilati kotoran kamar mandi adalah hal yang bagus? Jadi kita tidak perlu membersihkan kamar mandi kita sendiri…
Aneh dan dihormati, Akaname datang dan pergi sesuka hati. Bagaimana cara mereka masuk ke dalam rumah? Bagaimana cara mereka keluar? Bukan masalah, yang mereka mau hanyalah membantu kita, walaupun kadang hal tersebut kurang begitu kita perhatikan. Mereka hanya mau noda-noda dari kamar mandi kita…! Jadi, memang penting menjaga kebersihan kamar mandi, tetapi mungkin anda bisa meninggalkan sedikit debu di pojok kamar mandi, atau noda-noda di cermin kamar mandi. Siapa tahu, suatu malam anda beruntung bisa melihat sekelebat bayangan Akaname ketika anda terbangun untuk pergi kekamar mandi pada waktu tengah malam.



Akashita (Lidah Merah)
Akashita (Red Tongue) : A creature that looms in a black cloud over a floodgate.

Mahluk berbulu ini mempunyai nama yang berarti “Lidah Merah”, dalam buku ketiga Sekien Toriyama yang berjudul Gazu Hyakki Yako, mahluk ini digambarkan dengan sosok mahluk yang muncul dari balik awan gelap disebuah pintu air.
Nama mahluk ini diambil dari salah satu 6 tanda buruk dalam kalender penanggalan jepang, “Shakko” berarti juga mulut merah, yang menandakan kesialan dan kekejaman… Mahluk ini mirip dengan “Shakusetsu-Jin” dewa lidah merah, yaitu dewa yang menjaga gerbang barat dan juga mirip dengan salah satu nama raksasa dalam mitologi india.



Amanojaku
Amanojaku : A small demon that instigates people into wickedness.

Amanojaku adalah makhluk yang menyerupai setan Jepang. Biasanya digambarkan sebagai semacam oni kecil, dan diperkirakan mampu menyebabkan keinginan yang paling gelap dalam hati manusia dan dengan demikian meyakinkan seseorang untuk melakukan perbuatan jahat. Ini adalah semangat kontradiksi dan penyimpangan.
Cerita ini terkenal dalam versi brutalnnya, dari cerita rakyat Uriko-Hime, yang mana pada hari pernikahannya, sang terkasih putri melon, memakai kulit yang dikulitinya untuk menyamar sebagai dirinya, dan kemudian ditemukan keluar dan dipukuli sampai mati.




Amanozako
Amanozako (Heavenly Beast Princess) : A monstrous goddess mentioned in the Kujiki.

Diceritakan dalam sebuah legenda, bahwa dewa petir Susano-o-No-Mikoto membiarkan kekuatan jahat marasuk kedalam dirinya, sampai sampai anak perempuan dewa petir ini terkena dampaknya.
wujud putri dewa petir ini berubah, telinganya menjadi panjang, bertaring dan menjadi lebih kuat hingga mampu mengunyah pedang dengan mudah serta sanggup terbang ribuan mil jauhnya. siluman perempuan ini merupakan nenek moyang dari siluman Amanojaku dan Tengu.



Amefurikozou (Anak Hujan)
Amefurikozou (Little Rainfall Boy) : A little boy spirit who plays in the rain.

Suatu ketika ketika hujan menjelang senja, sesosok roh cuaca yang baik sesekalin terlihat berlarian dan bermain main dengan gembira. wujudnya seperti anak kecil yang membawa lampu kertas dan memakai payung kuno yang terbuat dari jerami, konon, roh ini adalah pelayan dari Ushi, dewa dari legenda china yang mempunyai kekuatan menurunkan hujan.



Ame-Onna
Ame-Onna (Rain Woman) : A female rain spirit.

Diceritakan bahwa mahluk ini sama dengan dewa gunung dari legenda china yang berubah menjadi awan pada pagi hari dan mejadi hujan pada sore harinya… roh perempuan ini lebih dikenal sebagai sosok dewa daripada sesosk hantu. Dia kadang terlihat sedang berjalan pada malam hari ketika hujan turun. Para petani yang sangat bergantung pada hujan untuk mengairi sawah mereka selalu berharap akan kedatangan mahluk ini. karena, kemanapun mahluk ini berjalan, hujan akan mengikutinya.



Amikiri (Pemotong Jala)
Amikiri (Net Cutter) : The net-cutting spirit.
Data Amikiri :
Area yang ditinggali : Perairan, khusunya yang sering dilalui para nelayan.
Kekuatan khusus : Berenang dengan cepat, transformasi dan ilusi.
Tingkat Bahaya : Mengganggu tanpa menyakiti.
Kesukaan : Memotong jala.
Dibenci : Mahluk tak tahu diri yang ingin menguasai segala hal.

Mahluk aneh nan menakjubkan, salah satu ras mahluk air yang bisa berubah wujud dan hidup di darat bahkan kadangkala terbang di udara layaknya mereka berenang di air. Mahluk ini memperoleh nama julukannya karena kebiasaannya memotong jala ikan yang kerapkali menghalangi pergerakan mahluk ini. Jala ikan para nelayan yang menghalangi ketika mahluk ini berenang di dalam air akan diputus sampai menjadi serpihan serpihan kecil oleh capitnya yang tajam.
Tetapi, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia, mahluk ini adalah jenis mahluk yang tenang walaupun penampilannya menakutkan. Gambaran umum tentang wujud Amikiri adalah capitnya yang menyerupai capit lobster, ekor ular dan kepala mirip seperti burung camar. Beberapa sumber mencatat bahwa Amikiri berukuran seperti hewan rumahan layaknya anjing atau kucing, tetapi ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa ukuran Amikiri sebesar manusia, tepatnya seukuran anak-anak.
Hampir sepanjang hidupnya dihabiskan di dalam air dan jarang sekali terlihat keluar dari daerah perairan, tetapi, seperti umumnya siluman air, mereka bisa berubah wujud menjadi manusia ketika mereka berada di daratan. Alaminya, mereka tidak terlalu merasa nyaman berada di daratan terlalu lama.



Ao-Andon (Hantu Lentera Biru)
Ao-Andon (Blue Lamp Ghost) : The spirit of the blue paper lantern.

Pada jaman Edo, ada permainan populer pada masa itu, yaitu Hyaku Monogatari (a hundred stories) atau 100 Kisah Tentang Hantu. Permainan yang sering diadakan saat malam hari di musim panas, beberapa orang akan berkumpul dalam satu ruangan dimana ada 100 lilin dinyalakan didalam lampu andon yang dilapisi kertas biru untuk menciptakan suasana horor. lalu seratus cerita hantu akan diceritakan oleh orang-orang dalam ruangan tersebut secara bergiliran. ketika satu cerita selesai, maka satu lilin akan dimatikan. Begitu seterusnya hingga selesai 100 cerita dan tak ada satu batang lilin pun yang menyala. Ketika cerita terkahir diceritakan dan ruangan berubah menjadi gelap, iblis yang dikenal dengan nama Ao-Andon akan muncul.



Ao-bouzu
Ao-bouzu (Green Monk) : The blue monk who kidnaps children.

Nama lain : Me-hitotsu-bou.
Ketika gandum mulai berbuah, sesosok biksu dengan kulit berwarna hijau diceritakan akan muncul dari balik rerimbunan tanaman gandum yang masih berwarna hijau. Anak kecil yang dalam perjalan pulang melewati persawahan akan diculik oleh mahluk ini.
Sekien Toriyama menggambarkan mahluk ini seperti sesosok cyclops (raksasa dalam mithologi yunani), berkulit hijau mungkin saja dia terinspirasi oleh siluman lain yang berwujud seperti biksu. Karena biasanya di jepang, siluman yang mempunyai wujud seperti biksu hanya memiliki satu buah mata.



Ao-Nyoubou
Ao-Nyoubou (Blue Wife) : A female ghost who lurks in an abandoned imperial palace.

Di reruntuhan istana-istana kuno, mungkin saja anda bisa bertemu dengan iblis wanita ini, wujudnya adalah sesosok monster wanita dengan pakaian kerajaan, giginya hitam dan tidak memiliki alis. Kabarnya, ia akan membunuh setiap laki-laki muda yang ditemuinya.



Ao-sagi-no-hi
Ao-sagi-no-hi (Blue Heron Fire) : A luminescent heron.

Nama lain: Ao-sagi-bi.
Ketika malam hari, sesosok burung bangau bisa terlihat dengan matanya yang menyala serta bulunya yang putih memancarkan cahaya mistis. Dari kejauhan, burung itu terlihat seperti bola api…



Ashimagari
Ashimagari (Sticky Steps) : A spook which entangles the legs of travelers.
Data Ashimagari :
Area yang ditinggali : Biasa ditemukan pada jejak kaki ketika malam hari.
Kekuatan khusus : Menghilang, ilusi, lengket.
Tingkat Bahaya : Tidak berbahaya.
Kesukaan : Jahil.
Dibenci : Tidak diketahui.

Orang orang yang berjalan dimalam hari adalah target utama dari siluman yang bernama Ashimagari. mahluk ini muncul tepat didepan langkah para pejalan kaki, dan ketika orang tersebut menginjakan kakinya ketubuh mahluk tersebut, maka orang itu akan sulit untuk menggerakan kakinya dan kaki mereka akan diselimuti benda seperti kapas tebal. Bagaimana pun mereka berusaha, kaki mereka tidak akan terlepas sampai Ashimagari puas mengerjai mereka lalu menghilang tanpa bekas.
Siluman aneh yang tak pernah menyakiti orang, Ashimagari seringkali dikaitkan dengan siluman yang bernama tanuki atau tanuki itu sendiri yang bertransformasi menjadi bentuk lain ketika mengerjai pejalan kaki. Satu hal yang menyebalkan adalah, mereka sering membuat para pejalan kaki terjatuh.
Diantara siluman yang lainnya, Ashimagari mungkin yang paling tidak menakutkan, hal terbaik yang hatus dilakukan ketika dikerjai oleh Ashimagari adalah, menunggu sampai mahluk tersebut melepaskanmu. Karena semakin anda berusaha melepaskan diri, mahluk ini akan semakin erat menempel, setelah menunggu, maka mahluk tersebut akan bosan lalu melapaskan anda, sehingga anda bisa melanjutkan perjalanan sambil membawa sebuah cerita menatik untuk diceritakan pada teman-teman anda.



Ayakashi
Ayakashi (Strange Sea Serpent) : A nother name for the ikuchi.

Konon sering dijumpai Di perairan jepang, Ayakashi mahluk yang mirip dengan belut, tubuhnya tidak begitu besar tetapi panjangnya mencapai ribuan meter, jika ia melintas diatas perahu kecil, bisa menghabiskan waktu 2 – 3 hari untuk ia selesai melintasinya. Jika ada orang yang menceburkan diri untuk kabur ketika Ayakashi melintas diatas perahu, maka tubuh orang tersebut akan meleleh akibat minyak yang dikeluarkan dari kulit Ayakashi tersebut.



Azukiarai
Azuki Bean Washer : A spirit that makes the sound of azuki beans being washed.

Jauh dibawah air terjun pegunungan di seluruh jepang, anda mungkin bisa mendengar suara youkai - shoki shoki, seperti suara seseorang yang sedang mencuci kacang merah azuki, kadang juga terdengar nyanyian.
“Azuki togou ka, hito totte kuo ka, shoki shoki”
“haruskah aku mencuci kacang azuki miliku atau aku harus menculik seseorang untuk kumakan? shoki shoki?”
Walau nyanyiannya terdengar menakutkan, nyatanya Azukiarai adalah mahluk yang sangat pemalu yang hanya mengganggu manusia dengan suara suara anehnya, tetapi jika ada orang yang berani mengganggunya, maka orang tersebut bisa ditenggelamkannya. Azukiarai sangat jarang terlihat, biasanya wujudnya menyerupai anak kecil, orang tua cebol atau nenek-nenek yang sangat pendek.



Bake-Kujira
Bake-Kujira (Ghost Whale) : A ghostly whale skeleton that drifts along the coastline.

Pada suatu ketika, sesosok tengkorak ikan paus muncul di perairan perfektur Shimane, dengan dipandu oleh seekor ikan aneh dan kumpulan burung, beberapa nelayan yang melihat mencoba melemparkan tombak ke arahnya, tetapi tak berpengaruh apapun… Hantu ikan paus tersebut kabarnya terus menyusuri perairan jepang dengan keanehan-keanehan lainnya.
Lokasi kemunculan Bake-Kujira :



Bakeneko (Hantu Kucing)
Bakeneko (Ghost Cat) : A shapeshifting cat.

Seluruh budaya dipenjuru dunia pasti mengenal segala sesuatu tentang kucing, mahluk yang kita bawa kerumah sebagai hewan peliharaan dan sangat jinak, tetapi juga memiliki insting sebgai predator sehingga mereka berguna sebagai pembasmi hama tikus, mereka hewan yang tenang serta berkembang biak dengan mudahnya. Dengan berbagai keistimewaan tersebut, maka tidak heran, dalam legenda jepang, kucing memiliki potensi untuk bertransformasi sebagai monster, sama seperti rakun atau rubah.
Pada masa lalu, ada kepercayaan bahwa jika seekor kucing dipelihara sampai berumur 13 tahun atau di literature lain diceritakan hanya 3 tahun atau seekor kucing memiliki berat sampai satu KAN (sekitar 8 pon) maka kucing tersebut akan berubah menjadi Bakeneko.
Dengan kekuatannya, Bakeneko bisa berukuran sangat besar, hingga jika ia memasukan cakarnya kedalam pintu rumah untuk mencari mangsa manusia sama seperti ia memasukan cakarnya kedalam lubang tikus. Mereka juga bisa berubah wujud menjadi bentuk manusia, mereka akan membunuh manusia lalu meniru wujud manusia tersebut.
Cerita tentang Bakeneko yang sangat terkenal adalah cerita tentang seorang pria yang bernama Takasu Genbei yang kehilangan kucing setelah ia pelihara selama bertahun tahun, kejadian itu bersamaan dengan berubahnya kepribadian ibunya. Ibunya sering sekali mencuri makanan dari toko lalu membawanya kedalam kamarnya untuk dimakan. Ketika keluarganya mulai curiga, mereka mengintip kedalam kamar wanita tersebut dan melihat sesosok monster mengerikan dengan pakaian wanita sedang mengunyah mainan untuk binatang.
Takasu Genbei mencoba untuk tidak mempercayai apa yang ia lihat seiring dengan waktu berlalu, ibunya menghilang tetapi kucing peliharaannya kembali, suatu ketika waktu ia mengganti tatami di kamar ibunya, ia menemukan sesosok jasad wanita yang tinggal tulang belulang. Kucing seringkali dihubungkan dengan kematian, dan kucing dipercaya akan menebarkan penyakit kepada orang yang membencinya, kadang di jepang kucing akan dikurung untuk menghindari berubahnya kucing tersebut berubah menjadi A Kasha, yaitu iblis berwujud kucing yang turun dari langit untuk mencuri mayat. Jenis Bakeneko yang memiliki ekor garpu yang dikenal dengan sebutan Nekomata dipercaya sanggup mengendalikan mayat seperti boneka.



Bake-Zouri
Bake-Zouri : A sandal spirit.

Di suatu rumah, ada sebuah pelindung kaki yang diperlakukan dengan tidak layak, sebuah sandal Zouri tua hidup pada malam hari dan keluar dari gudang. Biasanya hantu ini berlarian di dalam rumah dan berteriak-teriak “kararin, kororin, kankororin!” (Mata tiga, mata tiga bergigi dua!) Kata-kata ini mungkin menyebut sandal Geta (sejenis bakiak) yang mana punya 3 mata (lubang yang dibuat untuk memasukan tali pegangan kaki) dan 2 gigi (alas kayu yang terdapat di bagian bawah sandal geta tersebut).



Baku (Pemakan Mimpi)
Baku (Dream Eater) : An auspicious beast who can devour nightmares.
Data Baku :
Area yang ditinggali : Tempat-tempat untuk tidur.
Kekuatan khusus : Menghancurkan mimpi.
Tingkat Bahaya : Menguntungkan.
Kesukaan : Mimpi, Tidur nyenyak.
Dibenci : Mimpi buruk yang akan langsung dihancurkannya.

Ketika tidur, kebanyakan orang akan berharap untuk bermimpi indah, atau setidaknya tidak mimpi sama sekali. Tetapi, kadangkala disuatu malam, mimpi buruk datang menghantui… nah, malam malam seperti itu adalah malam yang tepat untuk kedatangan Baku… the dream eater.
Ketika mimpi buruk datang, jika kamu masih bisa tersadar melalui alam bawah sadarmu atau ketika kamu terbangun setelah mimpi buruk, cobalah untuk mengucapkan kata kata ini “Baku, devour this bad dream…!”, maka Baku akan datang, memakan mimpi burukmu dan meninggalkan anda setelah anda tertidur pulas. Karena hal tersebut, Baku adalah salah satu siluman yang lebih baik anda ketahui keberadaannya.
Dijepang, biasaanya para orangtua akan menceritakan tentang keberadaan dan kedatangan Baku kepada anak-anak mereka sebelum anak-anak tidur. Wujud dan penampilan Baku yaitu memiliki kepala seperti singa, badannya seperti kuda, kakinya seperti macan dan ekornya seperti sapi. Walaupun ada literature lain yang menyebutkan wujud lain dari Baku tetapi yang pasti, wujud Baku adalah paduan dari beberapa macam binatang.
Percaya atau tidak, setiap kali saya terbangun dari mimpi buruk saya selalu bilang “Baku, devour this bad dream” setelah itu saya tidur kembali dan mempimpikan sebuah cerita panjang yang cukup menarik dan berakhir pada pagi hari (*pernah 3 hari berturut turut loh…!). Ga ada salahnya loh klo anda mencobanya. Menurut literature, kadangkala Baku akan menampakan langsung wujudnya dihadapan anda, bagi yang merasa takut akan penampilannya yang mengerikan, silahkan tutupi kepala anda dengan bantal.



Basan
Basan (Giant Chicken) : A large fire-breathing chicken monster.

Berkokok di puncak gunung di sekitar perfektur ehime, di siang hari monster berbentuk unggas ini bersembunyi diantara hutan bamboo tetapi pada malam hari ia keluar dan berkeliling di sekitar perkampungan penduduk, bersuara aneh seperti “basabasabasa” berisik sehingga menimbulkan rasa penasaran orang untuk menengok keluar jendela, dan mereka tak akan melihat apa-apa diluar sana. Basan disecritakan juga bisa menyemburkan nafas api tetapi belum diketahui apakah mahluk ini berbahaya bagi manusia atau tidak.



Betobeto-san
Betobeto-san : An invisible spirit that follows people at night, making the sound of footsteps.

Jika di suatu malam anda berjalan dan mendengar langkah kaki mengikuti anda, lalu dengan rasa takut anda mencoba menengok kebelakang dan tidak ada apa-apa disana, berarti anda telah bertemu dengan hantu yang dikenal di perfektur nara dengan nama Betobeto-san. Dikatakan jika anda berdiri di sisi jalan dan berkata “Betobeto-san silahkan duluan” maka suara langkah kaki itu akan berhenti dan anda bias melanjutkan perjalanan dengan tenang.
Lokasi kemunculan Betobeto-san :



Dorotabou
Dorotabou (Mud Spirit) : The ghost of an old man whose rice fields were neglected and sold.
Data Dorotabou :
Area yang ditinggali : Sawah.
Kekuatan khusus : Membuat lumpur, berubah wujud, ilusi.
Tingkat Bahaya : Tidak diketahui.
Kesukaan : Bertani, area persawahan.
Dibenci : Orang yang rakus, orang yang mengambil barang bukan miliknya sendiri.

Dibawah indahnya suasana daerah persawahan, bersemayamlah mahluk yang disebut Dorotabou. Biasanya mahluk ini muncul diantara rimbunnya batang padi, dia muncul kepermukaan dari kepala sampai pinggang, tubuhnya terbuat dari lumpur dengan sebelah mata yang buta, berwujud seperti orang tua botak yang galak. Mahluk ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi wujudnya cukup menakutkan, biasanya, orang akan langsung jatuh sakit karena sangat ketakutan melihat wujudnya.
Ada beragam versi cerita tentang Dorotabou, tetapi ada satu cerita yang diyakini sebagai cerita asli tentang Dorotabou. Pada jaman dulu, di daerah barat Tokyo, seorang petani yang miskin tetapi memiliki sifat pekerja keras, berusaha selangkah demi selangkah untuk membuat tanahnya yang gersang menjadi sebuah sawah yang produktif sehingga menjadi sumber penghidupan bagi keluarganya. Tetapi akhirnya petani tersebut jatuh sakit dan meninggal, anaknya yang pemalas, menghabiskan waktunya hanya untuk mabuk dan tidak mengurusi sawah peninggalan ayahnya yang sangat subur itu.
Akhirnya seluruh harta peninggalan sang petani djual kepada pemilik baru. Tetapi roh petani tersebut tidak bisa beristirahat dengan tenang melihat pertaniannya hancur dan sawahnya tidak bias menghasilkan apapun, akhirnya pada suatu malam, mahluk ini muncul dari bawah lumpur, menangis meminta agar tanahnya dikembalikan. Setiap malam bulan purnama, suara petani tersebut bisa terdengar dari kejauhan, meminta agar seluruh kekayaannya dikembalikan.



Dosojin
Data Dosojin :
Area yang ditinggali : Kuil-kuil di tepi jalan, shelter, penyeberangan jalan.
Kekuatan khusus : Perlindungan.
Tingkat Bahaya : Menguntungkan.
Kesukaan : Membantu para pelancong.
Dibenci : Membahayakan para pelancong.

Dosojin sering terlihat diberbagai tempat. Dosojin yang aneh tetapi menakjubkan, mahluk yang tidak dikenal di luar jepang. Mereka sangat lucu dan menggemaskan, dan wujud mereka tidak akan pernah hilang dari ingatan siapapun yang pernah melihatnya. Tetapi disisi lain, banyak juga yang tidak mengenal mahluk ini.
Wujudnya mirip dengan tanaman, tapi ada juga yang berwujud rambu-rambu atau street furniture, biasanya pada tempat-tempat seperti halte atau shelter di jepang, diletakan patung Dosojin. Memang, membuat orang yang didalamnya merasa kurang nyaman, tetapi, dengan ditemani patung dosojin, mereka merasa lebih aman dan terlindungi.
Dosojin dipercaya dapat memeberikan berkah kepada para pelancong agar memperoleh keselamatan dijalan, khususnya pada penyeberangan jalan, atau yang menuju tempat-tempat suci diseluruh dunia, Dosojin akan melindungi para pelancong dari segala kekuatan jahat. Jadi, Dosojin tidak hanya dicintai dan mengagumkan, tetapi mereka juga baiki hati.
Jika suatu saat anda berkunjung ke jepang dan berjalan-jalan, lalu menemukan sebuah kuil yang dipenuhi oleh patung Dosojin, berhenti dan sapa dia, siapa tahu, anda akan memperoleh berkat darinya setiap kali anda pergi.
Dosojin selalu meninggalkan kenangan mendalam ketika kamu berhasil menjumpainya, kamu juga termasuk kategori orang yang beruntung jika bisa melihatnya secara langsung, pikirkan tentang mereka hari ini, siapa tahu kamu akan bertemu mereka besok.



Ebisu


Ebisu adalah salah satu Kami dalam kepercayaan orang Jepang. Arti kata “Ebisu” atau “Emishi” adalah orang yang datang dari laut seberang, orang yang pergi jauh, atau orang yang datang dari jauh. Di kalangan rakyat Jepang, Ebisu populer dengan sebutan Ebessan, dan dikenal sebagai dewa keberuntungan bagi pedagang, pengusaha, dan nelayan.
Di zaman sekarang, Ebisu dipercaya sebagai salah seorang dari Tujuh Dewa Keberuntungan. Namun sebenarnya, kepercayaan tersebut baru dimulai sejak akhir zaman Heian. Asal-usul Ebisu sangat rumit, dan paling tidak terdapat tiga penjelasan tentang identitas dan asal-usul Ebisu.


Ebisu adalah anak Izanami dan Izanagi yang bernama Hiruko no mikoto. Ia dilahirkan dengan kedua belah kaki yang cacat sehingga sulit berjalan. Hiruko no mikoto dinaikkan ke atas perahu, dan dihanyutkan ke laut oleh kedua orang tuanya. Arus laut membawa perahu yang dinaikinya hingga sampai di Nishinomiya. Setelah dewasa Hiruko no mikoto menjadi dewa keberuntungan bagi nelayan dan pedagang, dan sekarang dimuliakan sebagai Ebisu di Kuil Nishinomiya, Prefektur Hyogo.


Ebisu adalah Sukunahikona yang bersosok tubuh kecil, kurang lebih setinggi jari telunjuk. Bersama Oukuninushi (Daikoku-san), Sukunahikona berkeliling Jepang untuk membuka lahan dan permukiman baru. Selain itu, ia pandai menemukan sumber air panas untuk dibuat pemandian air panas. Di kuil-kuil Ebisu, Sukunahikona dan Oukuninushi selalu dimuliakan secara berdampingan.


Ebisu adalah anak dari Oukuninushi yang bernama Kotoshironushi kami. Ia bertugas sebagai juru bicara para Kami.
Perayaan Ebisu
Kuil-kuil Ebisu di seluruh Jepang mengadakan perayaan tahunan setiap tanggal 10 Januari yang disebut “Touka Ebisu” (Ebisu tanggal 10). Perayaan berlangsung selama 3 hari, dimulai dengan “Yoi Ebisu” (Malam Ebisu) pada tanggal 9 Januari dan diakhiri pada tanggal 11 Januari yang disebut “Nokori Fuku” (keberuntungan yang masih ada). Kuil-kuil Ebisu menjual benda perlambang keberuntungan seperti Kazari Kumade dan Fukuzasa untuk dibeli oleh orang yang ingin beruntung dalam bisnis. Sementara itu, Kazari Kumade dan Fukuzasa yang sudah dipajang selama setahun di rumah atau tempat usaha dibawa ke kuil Ebisu untuk dikembalikan.



Funayuurei
Funayurei : Ghosts of people dead at sea.

Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.



Futakuchi-Onna (Mulut Kedua Wanita)
Futakuchi-Onna : The two-mouthed woman.
Data Diri Futakuchi-Onna :
Area yang ditinggali : Dimanapun.
Kekuatan khusus : Mulut Extra, Rambut yang hidup.
Tingkat Bahaya : Tidak berbahaya.
Kesukaan : Makan, Makanan yang enak.
Dibenci : Makanan yang tidak enak.

Sepanjang sejarah, diberbagai kebudayaan, banyak orang yang terpaksa diet atau mengubah pola makannya, dalam hal ini terutama wanitalah yang sering melakukannya. Menyiksa tubuh dengan membiarkannya kelaparan, menghindari semua makanan yang mereka suka demi mendapatkan berat badan yang ideal. Ironisnya, ada beberapa wanita yang mencoba menahan nafsu makanannya tetapi tidak menuai hasil.
Konon, wanita yang terlalu memaksakan dirinya untuk diet, akan mengeluarkan mulut kedua yang berada di belakang kepala mereka dan tumbuh secara supranatural, mulut tersebut akan memuaskan kebutuhan badan akan makanan dengan rambut yang bergerak seperti kedua tangan untuk mengambil makanan dan memasukannya kedalam mulut kedua tersebut tanpa wanita itu sadari. Keuntunganya adalah, wanita yang telah diet sampai kelaparan tersebut akan menyerap energi dan memanfaatkan makanan yang dimakan melalui mulut keduanya tanpa ada efek samping dari makanan yang telah dimakan itu, walaupun mulut keduanya telah makan berkilo-kilo makanan. Biasanya, wanita yang ditumbuhi mulut ghaib semacam itu akan merasa malu dan berusaha menutupinya, tetapi disamping itu, mereka merasa senang akan manfaat mulut ghaib yang berada di belakang kepala mereka.
Tetapi, mulut semacam ini tidaklah mudah untuk dikontrol, wanita yang meneruskan kebiasaan dietnya walaupun telah tumbuh mulut kedua, akan mendapati mulut keduanya bergerak dan mancari makanan sendiri walalupun ketika berada di tempat ramai, dan tentunya, hal ini akan terlihat cukup menakutkan. Yang paling parah adalah, ketika wanita tersebut tertekan akan keberadaan mulut keduanya, Maka ia akan terus menerus makan dari kedua mulutnya.
Ada alasaan lain juga kenapa mulut ghaib bisa muncul, yaitu adanya perjanjian terkutuk dengan iblis untuk bisa mempercantik tubuh wanita, mulut ghaib ini akan berfungsi sebagai sebuah piranti menguntungkan bagi wanita, kadang mulut ghaib yang muncul secara tiba-tiba akan menghilang juga secara tiba-tiba, tetapi ada juga yang menjadi permanen, sehingga mengubah pemiliknya menjadi siluman, Futakuchi-Onna (The two-mouthed woman).

Versi lain mengatakan bahwa Futakuchi-Onna tadinya adalah seorang perempuan yang membiarkan anak tirinya kelaparan. Roh anak tirinya tersebut masuk kedalam dirinya dan membentuk mulut kedua dibelakang kepala wanita tersebut. Sedanngkan versi lainnya, Futakuchi-Onna adalah istri seorang tukang kayu yang terkena kampak suaminya dan luka tersebut tidak bisa disembuhkan. Kerugian memiliki mulut kedua ini, jika mulut keduanya tidak mendapatkan makanan, maka mulut ini akan meneriakan kata-kata kotor, sumpah serapah dan sebagainya sehingga membuat pemiliknya merasakan pusing yang luar biasa.
Satu hal lagi, sebuah emosi dan ambisi yang mendalam, akan membuat seseorang berubah menjadi siluman. Kadangkala mereka bisa menemukan jalan kembali menjadi manusia, tetapi itu jarang terjadi. Kadangkala manusia lebih suka berwujud mengerikan dengan kekuatan khusus daripada menjadi manusia biasa. Rekomendasi untuk kamu, lebih baik selalu makan teratur dan sehat daripada kelaparan lalu muncul sebuah mulut tambahan di belakang kepala kamu. Hiz…

No comments:

Post a Comment